Kamis, 12 Februari 2015

Sejarah Club Arsenal

 stadion-klub-arsenal
Arsenal pada awalnya bernama Dial Square. Didirikan pada tahun 1886 oleh para pekerja pabrik senjata Royal Arsenal. Karena Royal Arsenal yang terletak di London Selatan dan distrik Dial Square berada di timur London maka Dial Square menjadi markas awalan karena posisinya cukup strategis. Lalu, tidak lama memakai nama Dial Square, mereka mengubah namanya sekalian juga menjadi nama pabrik mereka bekerja yakni Royal Arsenal.

Hingga pada tahun 1893 ketika perusahaan Royal Arsenal menjadi Perseroan Terbatas dan berganti nama menjadi Woolwich Arsenal maka klub tersebut juga berubah nama menjadi Woolwich Arsenal. Woolwich Arsenal menjadi klub pertama yang berasal dari daerah selatan London di Liga Utama Inggris. Pada tahun 1913 Woolwich Arsenal pindah ke London Utara dan membangun sebuah stadion bernama Highbury. Tahun itu pula nama Woolwich dihilangkan sehingga hanya menjadi Arsenal.

Stadion Klub Arsenal sebelum Highbury bernama Manor Ground. Manor Ground sendiri sebenarnya hanyalah tanah lapang biasa pada awalnya. Hingga kemudian Dial Square bermain mereka membangun tribun-tribun layaknya stadion untuk memenuhi standar Liga Inggris pada saat itu. Arsenal memakai Manor Ground sampai tahun 1913 seperti dikatakan di atas. Stadion Highbury bernama resmi Highbury Arsenal Stadium.
Stadion Highbury mengalami beberapa renovasi dan peningkatan serta pengurangan kapasitas. Pada awalnya Highbury berkapasitas 57.000 penonton bahkan bisa mencapai 60.000 penonton. Hingga pada tahun 1993 saat Arsenal merenovasi stadion karena kursinya diganti kapasitasnya malah menjadi 38.419 bahkan ketika Arsenal bermain di Liga Champions Eropa kapasitasnya semakin berkurang menjadi hanya 35.000. Itulah sebabnya kalau bermain di Liga Champions Eropa pada saat itu Arsenal memakai Stadion Tim Nasional Inggris yang bernama Stadion Wembley.
Ketika Arsenal ingin merenovasi dan meningkatkan kapasitas stadion Highbury kembali. Hal itu terasa tidak mungkin karena di sekitar stadion sudah padat sehingga kalau stadion diperluas ataupun diperlebar berisiko menggusur penduduk di sekitar stadion dan bisa memicu kemarahan suporter Arsenal sendiri.
Akhirnya pada tahun 2001 Arsenal mengajukan proposal Izin Membangun Bangunan kepada pemerintah London untuk membangun stadion baru yang saat itu direncanakan berkapasitas 60.000 orang. Bulan Juli tahun 2006 selesailah stadion baru tersebut dengan nama Emirates Stadium dinamai sesuai dengan nama sponsor Arsenal musim 2006-2007 dan juga sponsor utama pembangunan stadion tersebut. Emirates Stadium sendiri kini berkapasitas 62.000 penonton. Stadion ini dipakai Arsenal hingga saat ini.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar